Sunday, May 3, 2015

Novel dan Usia

Ini postingan draft yang kesimpen lama bangeeet. Aku nggak nerusin karena sibuk, banyak kegiatan di sekolah yang membatasiku untuk mengakses chatbox dan komentar. Selain ide yang mentok juga sih, haha.

Beberapa hari (atau minggu?) yang lalu, aku buka tumblr, di dasbor ada postingannya Kak Izzati yang selalu ku tunggu-ku tunggu, ku nanti-nanti yeayyeayyeay yang selalu menginspirasi dan ngangenin. :3 Mau baca? Nih ...

http://theladybug.tumblr.com/post/115363178759
Gimana? Udah kan?
Nah, akhir Maret itu aku ke toko buku, awalnya niat mau beli Koala Kumal tapi stoknya habis, ya udah deh muter-muter di toko buku buat nyari novel. Dari novel sains fiksi kayak punyanya Dee Lestari, terus ke novelnya John Green, balik lagi ke novelnya PBC-Fantasteen, terus ke novel remaja.

Ada banyaaak bangeeet novel bersampul cantik yang menarik mata dan hati untuk segera membawa pulangnya. Yang diterbitin Bentang Pustaka, Bukune, Gagas Media, dan lain-lain. Terus seperti biasa, aku baca (ulang) sinopsis di bagian belakang buku. Biasanya aku udah baca reviewnya di Goodreads duluan sih sebelum pergi ke toko buku, ehehehe. Terus ngelist novel yang pingin dibeli, terus disesuain sama kantong, LOL. Tapi ... aku tuh .... nggak pernah beli novel sesuai umur ... kayak Kak Izzati. Ya random banget, tapi juga nggak kelewatan banget sih.

Kadang beli novel PBC yang ceritanya sederhana banget, pokoknya cocok buat bacaan ringan kalau lagi senggang gitu, sampai novel young adult yang agak 'berat' dan nggak selesai dibaca sekali duduk (((kayak cerpen aja Lif, sekali duduk habis))). Pernah beli juga novel yang alur ceritanya udah ke wedding, terus aku ngerasa, "Oh hai, apa aku baru aja ngebaca novel yang terlalu dewasa?". Aku selalu takut saat ngebaca novel yang bergenre agak dewasa gitu, FYI. Takut ada bagian yang harusnya diskip, ya yang gitu-gitulah pokoknya.

Dan setelah baca postingannya Kak Izzati, aku kayak dapet pencerahan.

Pas di toko buku itu, aku galau mau pilih novel yang mana. Semuanya bagus-bagus (ya iyalah kalau nggak bagus juga nggak bakal diterbitin) dan rasanya pingin banget buat naruh novel-novel itu ke rak bukuku. :") *ngode biar dikasih voucher novel wkwkwk*. Ada tiga buku yang aku jadiin pilihan, ada novel The Strawberry Surprise, Posesif, sama Sophia and Pink.

Tertarik sama TSS karena sampulnya yang unik, udah difilm-in lagi, pasti keren banget. Kalau sama Posesif, sampulnya juga unik, sinopsisnya juga bikin penasaran. Entah kenapa poin sampul itu mempengaruhi pembaca at the first sight menurutku. :B Kalau Sophia and Pink, sampul juga unik terus dulu pernah ada lomba buat ngereview novel itu terus jadi tertarik deh. Ehehe.

Nah, di depan rak toko buku itu aku bolak-balik ambil tiga novel itu.

Mau yang mana.
.
.
.
Tapi akhirnya, aku milih yang ...
.
.
.
.
.
.
.

https://blogbukufaraziyya.wordpress.com
Nggak tahu aja, aku milih yang itu. Aku pikir ceritanya keren. Padahal ya emang keren banget! :) Dan awal-awal aku beli itu, aku agak nyesel. Nggak tahu juga kenapa ... mungkin karena aku pinginnya TSS sama Posesif eh malah ngebawa pulang Sophia and Pink yaaa .... Dulu aku mikirnya emang gitu ... novelnya nggak asik ... nggak ada roman-romannya .... Iya ... itu dulu ....

Tapi setelah ngebaca postingannya Kak Izzati ... aku jadi beruntung. BERUNTUNG. Beruntung bangeeet, alhamdulillah aku membawa pulang Sophia and Pink. Ehhh, bukan berarti novel yang lain nggak bagus lhoooo. Aku ngerasa beruntung dan bersyukur karena aku membaca novel sesuai usiaku. Rasanya nyesel udah baca novel yang agak dewasa gitu, tapi ya udahlah diambil sisi positifnya aja. :))

Dan setelah baca itu juga, aku bertekad biar lebih selektif dalam membeli dan membaca buku. Walaupun nafsu buat membaca buku berbagai genre selalu susah buat dihilangin.
Aku berusaha buat milih buku yang sesuai dengan 'aku'. Meskipun sampulnya bagus, unik, dsb., kalau novel itu 'gak sesuai umurku', lebih baik dikembalikan ... karena ... ada pengetahuan yang belum jadi pengetahuan yang wajib untuk aku ketahui sekarang (Sri Izzati). Tapi yaaa, kayak katanya Kak Izzati (lagi),

Kalau udah merasa mampu mengatur, menempatkan pengetahuan dan pikiran kita dengan benar (seperti tau dan paham mana yang sudah pantas dan nggak/belum pantas)—yang mana menurutku, didapatkannya lewat proses tumbuh kembang kita dan bimbingan keluarga—ya go ahead. Pada akhirnya kebijakan dan kedewasaan kita sendiri yang Insya Allah akan menuntun kita ke hal-hal dan pilihan-pilihan yang baik dan benar.
Hihi, yaudah deh, semoga ngerti dengan apa yang udah aku sampaikan. Izin mau baca ulang Sophia and Pink dulu! :v

13 comments:

  1. iya kak, itu bener :) selama ini, aku jadi takut baca novel yang udah remaja banget nget nget karena ada suatu tragedi yang buat aku jadi takut baca novel tersebut. waktu di sekolah, temen aku bawa dua novel. Salah satu novelnya, aku pinjem karena aku bosen dah butuh bacaan. Kalo di perpus, isinya buku-buku pelajaran aja. Kakak tahu kelanjutannya? Awal ceritanya memang biasa aja. Belum ada adegan ya gitulah-- kakak tau kan? Nah, waktu aku udah sampe bab berapa gitu, aku lupa, novel itu malah ngelantur ke pacar-pacaran, terus gitu-gitu kak! Haduuuhhhh... Aku nyesel banget! Langsung aku kembaliin tuh buku, dan sebenarnya pingin nanya "Kamu kok dibolehin baca buku kayak gini, sih?" Tapi, gimana ya, aku juga gak berani. Dan buku itu punya kakaknya, tapi, aku bingung, kenapa dia dibolehin baca buku kayak gitu? Makanya, sekarang aku gak mau baca dan beli novel kayak gitu lagi... ._. huh, nyesel berat aku kak -..- setidaknya pikiranku masih murni lahh, ahaha :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh kaaan :3 emang hal-hal yang 'kayak gitu' juga aku takutin banget kalo baca novel yang young 'almost' adult genre, karena ya gitulah :v btw itu pasti kakaknya temenmu punya koleksi novel banyak bgt (lah?)

      Yaudah dijadiin pelajaran aja, kita sama-sama sedang grow up dan memang harus memilih mana yang benar mana yang salah :3 it depends on us juga sih ... kalo bacaan kayak gitu. Orangtua juga mempengaruhi bgt ya dalam bacaan hehehe.

      Anyway, samaaa, setidaknya buat urusan novel begituan pikiranku masih murni :3 lol =))

      Delete
    2. iya, kakaknya temenku punya novel remaj banyaaakkk banget. Haha, kak, bener banget :3 namanya juga hidup :) iya, kak, ada cerita lagi, nih. Tapi, kali ini bukan novel. Melainkan K-O-M-I-K. Biasanya yang begituan muncul tuh di komik. Temen aku kan mau pergi ke luar kota ikut ayahnya, jadi dia ngasih salah satu koleksi komiknya ke temenku. Sebut aja temenku-- yang dikasih komik itu A. Awalnya A menikmati bgt komiknya. Tapi, lama-lama adegannya ngelantur ke romance dan dia cerita ke aku dan sahabat aku. Dia sebenarnya pingin ngembaliin. Tapi, apa boleh buat? Dengan terpaksa, A buang dah tuh komik ._. haha *lol

      Delete
    3. Jadi pengen pinjem :v *eh
      Iyaa banyak banget begituan di komik, temenku juga pernah nunjukin ke aku, nunjukin doang karena aku emang gak terlalu suka baca komik :v emang kebanyakan kalo komik kan temanya romance dan remaja gitu biar asik mungkin._.
      Wah betewe sayng tuh komik dibuang :v

      Delete
  2. yee ga dapet Koala Kumal..
    aku dapet kak.. dan akhh.. i love it!!
    harus baca banget pokoknya ><
    #sponsorlewat

    vetewe, ava kavar lif :3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih :( padahal kemaren aku ke g*****dia stok banyak bgt akunya bokek :v wkwk mungkin waktunya belum tepat._.
      Iyaa, di goodreads juga resensinya pada bilang bagus-bagus, ngasih +3 stars-_-

      Alhamdulillah baikkk, cuma agak (sok) sibuk aja sih :v kamuuu?

      Delete
    2. yeah, i'm very well.
      dan sama, aku lagi banyak job/? juga nich :v

      Delete
    3. wkwkw anyway kamu ada job apa? :V

      Delete
  3. Ikhm, kak Alif nyesel kaga dapet koala kumal udah nyari lagi blumm? nyesel kalo gak baca tapi buat yg formal kayaknya gak cocok tuh buku ;v habis kocak nya minta ampun kadang pengen ketawa guling2 hahahaahaha, buruan cari kak :v *promosi sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw udah cari lagi sih tapi belum beli :v pilihanku jatuh ke novel x wkwk :v btw sorry latereply yaa

      Delete
  4. Kalau aku sih sampe sekarang ga boleh baca komik2 gituh.. Aku cuma boleh yang kayak karyanya Enid Blyton gitu Kusuka banget!!! Tapi kadang2 aku minat juga baca buku bisnisnya ayahku :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk komik hentai :v

      iyaa kayak aku juga kadang suka baca buku bisnis milik ayah :33

      Delete
  5. Yeay! aku udh baca komik koala kumal dooonggg *pamerr* iyatuh temenku pernah bawa komik yaa yang anime2 gtlah. Aku baca sampulnya itu tulisannya DEWASA. Ya jadi bukan buat anak2 gt. Dan emang komiknya rada aneh dan gabisa diserap anak2...

    ReplyDelete

Just write your thoughts.