Saturday, January 19, 2019

3 Alasan Kenapa Nyesel Pakai Zenius


Ceritanya trial 3 bulan, nggak tahunya...*
 “Hah? Masa nyesel sih pakai Zenius? Kayaknya testimoni mereka bagus semua deh! Apalagi buat SBMPTN, mereka kan terkenal dengan ‘konsep!-bukan-hafalan’ gitu.” Yak, mungkin banyak diantara kalian yang mengerutkan kening ketika membaca judulnya, bertanya-tanya...nggak salah tuh judulnya? Iya, nggak salah kok, tenang aja. Disini aku emang akan sharing tentang: kenapa sih nyesel pakai Zenius?
Mari segera kita bahas daripada kalian keburu penasaran—terutama buat para pejuang SBMPTN, SNMPTN, UM, dan ujian lainnya yang berencana untuk menjadikan Zenius sebagai partner belajar selama beberapa bulan ke depan...ya walaupun agak telat sih, tapi nggak papa, nggak ada yang namanya terlambat untuk belajar—dan memprotes dalam hati, “Yang bener aja lau, jangan-jangan cuma hoax kayak yang lagi nge-tren sekarang.”...eh gimana-gimana.
Eits, sebelum bicara panjang lebar tentang alasan nyesel pakai Zenius ini...kalian udah kenal belum sama dia? Ya kali kita mau ngobrolin tiga poin penting sekaligus gara-gara sesuatu, tapi nggak tahu seluk-beluk sesuatunya—emang sesuatu itu apa sih? Nanti kalau nggak ada datanya, nggak valid dong. Katanya, orang berpendidikan kan berpikirnya ilmiah...berdasarkan data dan fakta, hehe.
Sebenernya, aku udah berniat untuk menjabarkan ‘Apa itu Zenius’ satu per satu, dari sejarah berdiri, fitur, sampai testimoni...tapi nanti bisa jadi panjang banget; padahal baca artikel (berfaedah) yang panjang-panjang itu bikin bosan! Sad but true, right? Makanya, aku udah nyiapin (((ringkasannya))) buat kalian! Yak, jangan manja, jangan maunya disuapin terus. I said to myself.

dapetnya dari sini nih, kalian bisa baca sendiri untuk lebih lengkapnya
Nah, sekarang udah kenal kan sama si Zen? Gimana menurut kalian? Kece nggak? Keren nggak? Seru nggak? Beda sama yang lain? Ada pendapat lain? Atau justru pertanyaan...

...GIMANA BISA ZENIUS YANG SE-SPEKTAKULER ITU BIKIN KAMU NYESEL, WOY?

Eits, sabar-sabar. Inhale, exhale. Kalau kata NK*THI mah, satu per satu (ya kata semua orang juga sih sebenernya : )) Apalagi dengan pengalamanku yang (((baru))) 4 bulan-an ini terdaftar sebagai member Zen, berani-beraninya bilang kalau Zen mengecewakan! Eh-eh, siapa coba yang bilang kalau Zen mengecewakan? Lah itu, kamu bilang nyesel pakai Zen.... Nah, dasar netizen, nyesel kan bukan berarti karena dikecewain, itu mah alasan kamu mutusin mantan. Bisa jadi ada alasan lain...makanya, duduk sebentar, biar paham (yah, NK*THI lagi, lol).
Hmm, jadi begini....   
1) Aku nyesel pakai Zen karena...
...baru mulai 4 bulan yang lalu!  Ya, Agustus lalu aku ke Gramedia Sudirman sama temenku untuk memulai senior year dengan bahagia—makanya window shopping sekalian beli voucher Zen gitu. 
Sebenernya, aku udah kenal sama Zen sejak menjelang UN SMP, udah baca-baca blognya juga. Tapi, tahun 2016 itu belum banyak bimbel online kayak Zen, rasanya masih...asing. Online shopping udah rame sih, tapi belum semarak sekarang, apalagi Shop*e yang sampai nge-endorse Blackpink, dulu belum ada euy...Blackpinknya.
Dengan kata lain, aku baru pakai Zen di awal kelas 12—yang menurutku itu telat banget. Kenapa telat? Karena Zen ngasih positive vibes ke aku, alasan utama selain ‘ngebantu belajar’ atau ‘ngedongkrak nilai’.
Seperti murid-murid Zen lain (yang aku baca di blog dan sosmed), video Sabda yang Zenius Learning adalah favoritku! Sebagai pembuka sebelum menjelajah video-video TPA/TBS dan TKD, video ini top markotop banget <3 Nggak cuma bikin cerdas, kamu pasti juga akan tercerahkan dengan pola pikir tentang pendidikan yang sebenarnya itu gimana. Intinya sih, (insha Allah) kamu bakal jadi literally a better person nggak hanya dari nilai/skor atau sisi luar lainnya, tapi juga dari software alias kepribadian dan otaknya, uwu~
Emang isinya apa aja? Nah, di Zenius Learning ini Sabda mengupas tuntas tentang belajar efektif, dari self concept, critical thinking, goals and motivation, sampai tips buat alumni dan first timers ada semua! Udah gitu ngejelasinnya enak banget, suara Sabda itu nge-bass ((?)sorry, oot wkwk) dan dia sering memakai istilah bahasa Inggris  a.k.a. catatanmu ntar keren dong :)

cupikan zen learningku :)
 Eh, tapi jangan nyesel yak, kalau kamu baru kenal Zen pas mepet SBMPTN, pasti mikir dua kali buat nonton Zenius Learning karena durasinya cukup panjang...seperti yang udah ditulis di sana, “mending skip aja dan langsung mulai belajar materi SBMPTN”. Huhu, sedih : (
Bagaimanapun juga, sedihnya jangan kelamaan ya...kamu masih bisa baca artikel-artikel seru dan berfaedah di blognya. Salah satu yang jadi favoritku adalah tentang deliberate practice, artikel yang juga sangat mencerahkan. Perlu kalian tahu, deliberate practice itu beda lho sama practice biasa. Nih, sampai-sampai aku catet di dua tempat, saking senengnya+buat reminder selalu <3

ini yang di binder (lettering-nya nggak rapi, tinta brush-nya udah mau habis itu hehe)

ini yang di bujo :D bagian header-nya emang kacau sih belum sempet dirapihin
oiya, ini halaman depan binder aku, aku hias se-menarik mungkin (buat aku) biar enak dilihat dan of course jadi tambah semangat juga :v
ini nih salah satu hal yang dibahas di Zen Learning...kita harus punya 'why' yang kuat supaya automatic jadi motivasi belajar. Karena sebenarnya motivasi itu nggak usah dicari, kalau goals kita punya alasan kuat untuk dicapai, misal kalau kita nggak bisa dapetin 'itu', kita jadi nggak bisa bertahan hidup, dll. It's all about surviving.
kalau yang ini kumpulan 'pendukung' motivasi yang menggambarkan impianku dengan lebih jelas, biar nggak lengah...karena bagaimanapun juga fase malas itu tetap ada, tapi sudah berkurang sebagian besar jumlahnya :)
Lalu, (bagi sebagian besar orang—teman-temanqu, tapi aku nggak sih) hal yang paling penting adalah: nilai kamu gimana setelah pakai Zen?  Okee, santuy...selow. Sebagai anak IPA yang murtad ke Soshum, banyak banget yang skeptis sama caraku belajar: lebih mentingin SBM, nggak pernah belajar UN, pasrah sama UAS, di kelas malah tidur, dll. :”)
Emang bener sih, aku me-nomor-satu-kan SBM daripada UN dan pasrah sama UAS. Kenapa? Ya karena aku merasa waktuku lebih baik digunakan buat ngejar materi Soshum, hehe—in the end, everyone have their own choice, right? And life is all about priority.
Tapi, aku juga (masih) belajar IPA kok! Pas awal-awal, buat ulhar.... Aku pernah betul-betul serius di semua mapel IPA: Kimia, Fisika dan Biologi—kalau ini mah aku enjoy aja belajarnya, soalnya mapel pilihan UN-ku emang Bio. 

yak, berguna sekali untuk masa-masa TO (walaupun lebih banyak bodoamat-nya //SBMPTN hardcore haha// Selain tips ini, akan lebih mantap kalau dipadu sama panduan belajarnya, supaya belajar lebih terfokus terlebih buat aku yang harus pinter-pinter mengatur manajemen waktu (sebagai anak murtad yang berusaha tahu diri)
Nah, kalau Kimia sama Fisika?? Entah kenapa, pas awal kelas 12 itu aku masih menikmati pelajaran IPA. Jadi, aku semangat nonton Zen (yang mapel IPA) dan dari situ berbuahlah kelancaran dalam mengerjakan ulangan harian<3 Berapapun hasil nilainya, aku puas banget. Memang ada yang remidi tapi itu udah mepet banget sama KKM :( dan buatku nggak papa sih...aku tetep seneng bukan karena nilainya, tapi lebih ke “Wah, ternyata aku juga bisa ngerjain yang kayak gini.” Hehehe.

bab yang cukup mendominasi kisi-kisi UN nih....
Pokoknya, banyaknya impact dari Zen yang bikin diriku lebih baik, bikin aku nyesel kenapa nggak dari dulu aku nggak menjadikan dia sebagai partner belajarku.

2) Aku nyesel pakai Zen karena...
...bikin aku sering begadang buat belajar! Aku lebih suka belajar di malam hari (bahkan menjelang pagi). Begadang emang nggak baik sih buat kesehatan, tapi selagi aku belum bisa memperbaiki pola tidurku ini, aku akan berjuang selama beberapa bulan (nggak lama kok, bahkan pendaftaran SBMPTN kira-kira tinggal 3 bulan lagi ya?) demi impian-impianku~. Semangat para kalong! Yang penting tetap jaga kesehatan, banyak minum air putih, dan olahraga (ini yang paling susah wkwkw).
Ngomong-ngomong, aku sering begadang buat belajar baru dimulai sejak pakai Zen sih. Dulunya mah kagak. Maksudnya, begadangnya iya - belajarnya kagak. Serius sih, aku ketagihan belajar (kalau menurut tingkat alasan belajar seseorang di deliberate practice, ada di paling atas uwu) karena tentornya asyik dan nggak tekstual.
Jadi, branding “yang penting ngerti konsepnya” itu bukan sekadar branding (emang branding, yah?). Kita bener-bener ditanamin bener konsepnya biar ngerti banget apa dan mengapanya. Apalagi pelajaran Sejarah (aku mulai belajarnya dari Sejarah), alurnya dibikin timeline dan peristiwa-peristiwanya pakai bagan semacam mindmap gitu, jadi gampang banget masuk ke otaknya!

diambil langsung dari sumbernya~
 
kalau yang ini bikin sendiri, gak usah bagus-bagus atau terlalu memikirkan estetikanya, yang penting kamu paham :) (yang kiri tuh ketetesan air jadi luntur gitu huhu:(()
Selain itu, di blognya pun Zen udah ngasih panduan untuk bikin SBMPTN task oriented planner yang jauh lebih efektif daripada yang time oriented. Aku udah nyimpen di Ms. Excel sih, tapi aku salin lagi di bullet journal karena aku juga mulai nge-bujo tahun ini.
 
but honestly lebih efektif di Ms. Excel sih, karena kalau di sini harus kerja dua kali...makanya aku bikin dan ngisi kalau lagi bener-bener luang aja hehe
Terus-terus-terus, karena aku pejuang SBMPTN hardcore (SNMPTN mah PHP mulu), di Zenius tuh materi buat SBMPTN lengkap banget. Soshum-Saintek semua ada! Dan pernah kebayang nggak sih, kalau belajar terus-terusan kayak gitu bosen atau nggak? 
Nah, kalau lagi bosen, biasanya aku baca-baca bookmarks Firefox-ku yang isinya link-link blognya Zenius. Dari starter pack-nya; yang biasanya kita bingung sebenenernya kalau mau ikut SBMPTN, belajarnya mulai dari mana sih? dan biasanya materi yang kayak gimana sih yang keluar di SBMPTN? Nggak lupa, ada juga tips biar nggak bingung dan nggak salah pilih jurusan (which is krusial banget sih) serta nggak ngulangin kesalahan pendahulu (re: alumni) supaya hasil yang kita dapatkan bisa lebih baik. Belajar dari masa lalu tuh aplikasi materi Sejarah banget ya, kita jadi tahu kesalahan apa sih yang bisa bikin kita gagal dulu? Hehehe. 

udah nggak bingung lagidong tentang materi yang kayak gimana sih yang keluar di SBMPTN?
Btw itu yang aku highlight adalah materi yang dari tahun ke tahun jumlah soalnya mendominasi.
Walaupun bahasannya 'agak berat', blog Zenius tuh seru banget kok, friendly dan nggak kaku. Biar nggak terlalu spaneng (apalah itu? mumet a.k.a. pusing) aku juga baca-baca ulasan tentang seluk beluk dunia kampus dan jurusannya, yang udah dikupas tuntas sama para tentor dan penulis blog Zenius. Dari situ, aku mulai kebayang, "Oh jadi gini ya kalau kuliah di sini tuh." sampai-sampai udah mikirin mau masuk UKM apa. :)) 
Rasanya juga malu nggak sih sama diri sendiri, kalau impian udah setinggi itu, tapi effort yang dilakukan belum sepadan? Inilah yang aku rasakan, makanya aku selalu genjot diriku sendiri untuk nggak males dan nggak banyak alasan untuk belajar SBMPTN. Secara nggak langsung, blog Zenius udah kayak reminder pribadi, apalagi ngelihat anak-anak Zenius lain yang belajarnya lebih hardcore daripada aku, hahaha.

yang kayak gini nih yang enak banget dibaca sebelum tryout :)
welcoming matdas... :)))))
 Pokoknya nyesel deh jadi sering begadang karena ketagihan belajar sama Zen! :)

3) Aku nyesel pakai Zen karena...
...aku jadi tergiur untuk baca buku-buku yang jadi rekomendasinya! Apalagi, udah ada short review sekaligus blurb-nya gitu deh. Hal itu sama artinya dengan aku harus nabung buat beli buku-buku itu, gais. Alternatifnya bisa minjem di perpustakaan (udah pernah minjem Bumi Manusia tapi males perpanjangan jadi belum selesai-selesai deh ehehe) atau baca legal e-book-nya di iJak/iPusnas—tapi yang ini capek sih bacanya...ah, kebanyakan tapi. Tapi, sekali lagi, secara nggak langsung aku jadi semangat untuk mengurangi jajan dan membawa bekal dari rumah <3.
Di bujo-ku yang baru keisi dari September itu, aku juga nulis daftar buku yang harus kubaca. Ada beberapa yang aku dapatkan dari review-review di Goodreads dan sosmednya tentor-tentornya Zen juga sih. Tapi daftar itu nggak terikat waktu harus dipenuhi tahun 2018 atau semacamnya, karena tahun ini tentu saja aku harus lebih banyak menghabiskan waktu buat baca buku SBMPTN, latihan soal, dan melalap habis video-video Zen! :D

Beberapa udah dibaca tapi belum sempat ditandain, kayak kumcernya SGA, Girl Boss, serta novel-novelnya Cak Nun dan Madilog yang masih kurang beberapa banyak halaman lagi :u
Tapi, tetep aja waktu ada diskon gede dari Togamas Kotabaru waktu dia ultah, aku beli beberapa buku yang masuk daftar itu. Yang udah selesai baru 2 buku sih, lainnya on progress buat hiburan kalau lagi capek belajar. Soalnya kalau kata Zen, baca-baca buku kaya gitu masuknya di penting tapi tidak mendesak~
Biasanya, aku suka baca-baca review bukunya dulu kalau belum kesampaian sebelum beli. Seenggaknya udah dapet gambaran, bukunya tentang apa sih. Oh iya, buku-buku yang direkomendasikan Zen ini agak beda sama genre buku yang biasanya aku baca. Dulu sih, mentoknya cuma baca buku biografi atau ensiklopedia kalau yang non-fiksi. Maklum, dari kecil tuh bacaannya buku cerita mulu, kalau ke toko buku lebih betah di rak Fiksi, jadi gedenya lebih suka novel bucin-bucin gitu deh :”) 
Makanya, ketika aku kenal buku dengan genre yang sebelumnya agak asing buatku (kalau nemu di toko buku, jarang banget dilirik pas masa SMP haha) aku jadi merasa 'wow' dan, ke mana aja aku selama ini? Apalagi semenjak mengenal sosok Soe Hok Gie.
Aku suka banget sama fimnya dan udah nonton beberapa kali tetep aja nangis liat gimana peliknya kehidupan di masa lalu itu, ketika komunis merebak dan ngeri aja gitu liat kondisinya. Kerennya, ketika yang lain masih mikirin 'hal-hal tetek-bengek' atau bahkan apatis, pemikiran Gie udah jauh diatas mereka. Sampai dia terlalu kritis dalam mengkritik pemerintah, lalu 'diancam'. 
Dari situ juga aku suka sama istilah 'buku, pesta, dan cinta' yang udah melekat sama UI, almamaternya Gie. jadi kayak meromantisasi UI hahaha. Aku sempet baca blurb di Goodreads tentang buku yang ditulis temen-temennya si Gie yang juga ikut mendaki--pokoknya kenal banget sama Gie. Di sana ada yang bilang, “Hok-gie terlalu cepat pergi, tapi kalau dia hidup dan sekarang sudah umur 67 tahun, apa dia tahan tidak bikin ribut-ribut?” - Aristides Katoppo (71) :))
So, thanks banget buat Zen yang udah ngasih banyak referensi berbagai macam genre buku! Mostly yang bener-bener ‘buku sebagai jendela pengetahuan’, yang membuka pikiran dan ‘mencerdaskan’.  Dari yang sastra, sains, sejarah, sampai yang kelihatannya berat banget(?)—tapi tetep penasaran buat baca, euy—ada semua disana. Siapa tahu habis ini aku dapet gratisan The Silk Roads-nya Peter Frankopan dari Zen ehehe~ Kan lumayan, tabungannya bisa buat ikut TO, HEHEHE.
Jadi begitu, gais. Sekian curhatanku tentang Zen kali ini. Terima kasih sudah membaca alasan-alasan kenapa aku nyesel pakai dia. Buat para pejuang PTN/PTS 2019, mari berjuang bersama! Usaha terbaik pasti akan melahirkan hasil yang terbaik. Pokoknya, tugas kita ya, berjuang...sampai akhir – NK*THI (lagi-lagi). Akhir kata, semoga ada kebaikan yang bisa dipetik dari tulisan ini ya, jangan berhenti di kamu~

 





*nb :  ceritanya trial 3 bulan, nggak tahunya...ketagihan!!

bonus catatan Zenius Learningku yang berantakan untuk kalian yang baca sampai akhir tanpa skip :) dan catatannya belum selesai, tentang masalah belajar dan solusinya. Waktu itu aku udah nonton di Youtube-nya Zen ehehe


13 comments:

  1. Kak eunia, jangan kebanyakan begadang, ya. Ngga bagus buat kesehatan(: semangat menjadi pelajar akhir tahun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaapp, terima kasih ka jihoon! Kamu juga semangat mengejar mimpi yaa^^

      Delete
  2. Kak eunia, jangan kebanyakan begadang, ya. Ngga bagus buat kesehatan(: semangat menjadi pelajar akhir tahun!

    ReplyDelete
  3. Kak eunia, jangan kebanyakan begadang, ya. Ngga bagus buat kesehatan(: semangat menjadi pelajar akhir tahun!

    ReplyDelete
  4. aliifff makin kece aja kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, hallo Mayy! Glad to see you (were almost always) dropped here, terima kasih yaa^^

      Delete
  5. Halo kak Alif heheh, lama tak ke sini... Remember me? Cuz I remember u^^

    Aku dulu sempet kepikiran buat pake Zenius, soalnya mau UN SMP (harusnya April kemarin hmm...)
    Kuputusin ngga jadi, eh taunya ada pandemi ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gifta! Of course I remember you cause your name is unique tho :D

      Ngomong-ngomong, berarti kamu termasuk 'angkatan Corona'-kah? Gimana rasanya? Hihi boleh share dong pengalamannya....

      Delete
  6. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    ReplyDelete

Just write your thoughts.