Saturday, November 28, 2015

Microsoft YouthSpark 2015 Jogja



mobitekno.com


Hari Selasa, 17 November 2015. Microsoft Youthspark Edu Game. Pertama kali di Jogja, kayaknya. Tapi sebelumnya pernah diadakan di Jambi sama Jakarta kalo nggak salah. Acara itu, dari Microsoft, Launching tentang Pemrograman Edu Game gitu. Diadakan di Gedung Purna Budaya UGM, awalnya sih mau di Gedung Fisipol tapi nggak jadi.

Aku, tentu sama Mayda dan Dharu—aku bersyukur kami diikutkan secara bersamaan dalam beberapa acara seperti ini, lomba maupun workshop—dan teman-teman lainnya, ada Kotet, Totti, Toni, Topik, Fauzan, Bima I., Rega, Rian, siapa lagi ya banyaaak sampe lupa. Ada adek kelas juga. Kami berangkat naik Kobutri(?), itu lho bus umum yang kotor di luar tapi cukup nyaman kok dalamnya. Ada 20 anak plus 2 guru pendamping, Bu Era dan Pak Agung. Aku suka banget sama perjalanannya. Padahal mimpiku nggak setinggi itu. Aku nggak pernah ngimpi bisa sampe Kotabaru—bahkan UGM!—bareng sahabat-sahabatku. Bisa lewat Padmanaba, Pawitikra, Togamas Kotabaru, Gramedia Sudirman, SMPN 1 YK, dll. Dan aku juga baru tahu kalau Pak Agung itu alumni Namche—hei, dia kakak kelasnya Sakayuv! Keren yaaa.



Waktu sampe di gerbang UGM, aku liat anak MAN 1 YK lagi jogging. Terus Pak Agung bilang kalau SMA Jogja emang gitu, olahraganya mulai dari jam ke-nol. Terus busnya masuk ke area Purna Budaya. Ada mas-mas panitia ndatengin terus tanya-tanya gitu deh sama Pak Agung sama Bu Era. Terus kita disuruh registrasi dulu sebelum masuk. Antrinya panjang banget. SMP-SMA se-Jogja.

Kita registrasi, terus sebelum dapet ID CARD dan snack, foto bareng dulu. Ya absurd gitu soalnya aku juga abis sembuh dari sakit juga. Dan ID CARD-nya nggak kalah keren sama yang Kemah TIK. Biru-biru gitu. Terus kita duduk di belakang anak Taman Dewasa, kalau nggak anak Taman Siswa deh pokoknya nggak tahu cabang yang mana. 


Kita nggak boleh keluar dari area workshop kalau udah mulai. Makanya disuruh ke kamar mandi dulu biar nanti nggak kebelet. Sebelum acara dimulai, kita diputerin video-video tentang Microsoft, Bill Gates dan acara Microsoft Youthspark tahun lalu. Diputer berulang-berulang sampai hafal sama isi videonya. Tapi nggak papa sih. Makan snack sambil nonton video inspirator leh ugha. Sama selfie, sama main HP tethering dari temen wkwk. Ya masa, aku ngidupin wifi di sana, nama jaringannya aneh-aneh. Yang paling aku inget sih, 
“Cari gratisan yaa...” wtf.
Acara dimulai dengan sambutan-sambutan gitu deh. Tentu pertama, ada sambutan dari MC-nya. Lupa namanya dan lupa wajahnya, soalnya aku duduk lumayan di belakang jadi nggak kelihatan. Terus dari Sekretariat Pemda Jogja, Dekan Fisipol UGM (di undangan emang tertera di Gedung Fisipol UGM acaranya tapi terus pindah) dan banyak lagi deh. Salah banyaknya, pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia. Guess it? Keren-keren! 

(photo for micrososft) dari kiri ke kanan : Pak Ruben, Pak Didik, Ibu Vero, dan Pak Erwan.
Ada Pak Ruben Hattari, Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia. Susah kan nyebut jabatannya aja .... Dan aku jadi tahu kalau pak Ruben itu temenan sama Kak Alodita, itu lho blogger yang keren banget, suka ngeshare tentang daily activities dan ngereview produk kecantikan. Tahunya sih dari ignya kak Alodita, yang ngupload foto anaknya main sama anaknya Pak Ruben. Keren banget deh, mereka. Ramah dan nggak sombong. Suka deh.
 
Terus ada juga Ibu Veronica Colondam, CEO+Founder YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa). Beliau selain cantik dan anggun juga pinter banget. Kelihatan wibawanya. Ramah dan sambutannya nggak ngebosenin, anak-anak pada antusias karena masih pagi dan belum pada keroncongan. Menurutku sih tepuk tangan paling meriah ya waktu sambutannya Pak Ruben sama Ibu Vero itu. Wkwk bukan berarti sambutan dari yang lain nggak kalah keren lho. Oh iya, Ibu Vero muterin video tentang Jumali, yang dulunya putus sekolah terus dibantu sama YCAB gitu deh. Mungkin ada di Youtube, nggak tahu juga sih. Kita lihat video dari 3 proyektor yang terpampang di panggung. Sampai bingung mau ngeliatin yang mana, tapi aku milih liat yang tengah, yang paling gede dan yang paling terang.


Selain Pak Ruben dan Ibu Vero, kalau di undangan sih ada sambutan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X tapi beliau nggak bisa hadir karena sibuk jadwalnya padat kali ya. Jadi beliau diwakilin sama Pak Didik, Assistance for Economic and Development Region Secretariat Yogyakarta Special Region. Asistennya gitu, bahasa singkatnya. Pak Didik ngebacain surat dari Sri Sultan. 

(dari Microsoft untuk Jawapos) suasananya rame banget kaaan
Habis itu, ada selingan kuis gitu deh berhadiah kaos, suvenir dan bingkisan kecil lainnya. Kebetulan dari sekolahku ada yang maju dan disuruh jadi brand ambasaddor Microsoft—especially Kodu—disuruh sama MC-nya. Udah dasarnya temenku itu kocak jadi semua ketawa deh. Nggak tahunya dia menang lho, dapat kaos merah yang samaan sama panitia. 
 
Nah, acara utamanya memperkenalkan Kodu. Kodu itu aplikasi dari Microsoft (?) ada hubungannya sama Microsoft gitu pokoknya. Kalian bisa download di internet, dari HourofCode-nya Microsoft, atau ngopy dari punyaku? Kirimin flashdisk atau minta dikirim lewat drive? Tinggal contact aku aja lewat Twitter/email. :)) Soalnya itu app lumayan gede ukurannya, jadi lumayan gede kan kuota buat ngunduhnya. Aku sendiri cuma disuruh ngopy dari flashdisknya guruku. Pas workshop juga ditawarin siapa yang mau minta appnya disuruh ngumpulin FD ke panitia.


Kodu itu buat ngapain sih? Jadi Kodu Game Lab itu aplikasi buat bikin game. Keren banget kan, kita nggak perlu pusing-pusing berkutat dengan HTML atau CSS karena pemrogramannya lewat visual. Coba aja ya blogskins atau blogger bisa kayak gitu. :”)


Sebenernya aku dan 19 teman lainnya udah dikasih tahu lebih dulu caranya bikin game pas di sekolah, tapi game buatanku pas itu nggak aku save. Terlalu absurd dan belum bermutu. Baru dikasih sedikit program, belum dikasih level, aku sendiri bukan gamer jadinya ya gitu deh. Bingung sendiri. Tapi apa salahnya nyoba hal baru ya. Kesempatan nggak datang dua kali kan ....


Tutor buat bikin game tuh dari Microsoft juga kayaknya, lupa namanya. Pak Ruben sama Ibu Vero sama Bapak yang ngewakilin suratnya Sri Sultan tadi disuruh ikut main di depan. Gamenya udah dibuat jadi mereka tinggal mainin. Bagus sih gamenya, kan game edukasi. :p Ada pengetahuannya, tentang batu-batuan tapi cuma ngawur. Jadi ceritanya, ada karakter—sebut aja namanya Kodu—kita pencet play terus arahkan keyboard mau ke atas, bawah, kiri, kanan, nah ... kalau udah ketemu sama batu si Kodu bakal ngescan dan pencet enter deh. Akan ada kotak dialog tulisannya tentang batu-batuan gitu. Misalnya, ‘batu ini diambil dari lereng Merapi’ dll. 

(okezone.com) coba tebak aku yang mana ....
Waktu itu, ada bintang tamunya juga. Mahasiswa UTY, pemenang lomba game (olimpiade apa gitu) dan dia juara 1! Gamer sejati deh itu masnya, pakai kacamata dan game yang dimenangkan waktu lomba ditampilkan lewat proyektor. Gamenya bernuansa warna pink-peach, warna kulit manusia. Gamenya tentang sistem imun, kekebalan tubuh. Jadi kita harus mengendalikan kuman-kumannya dengan dua pemain sekaligus! Katanya sih terinspirasi sama pacarnya yang sering sakit. Mas itu juga dapet hadiah yang lumayan lho dari lomba game itu, bahkan dia udah punya bayaran sendiri dari hasil ngegamenya itu. Jutaan. 


Acara berikutnya, dari YCAB lagi, cuma bukan Ibu Vero yang presentasi. Tapi cowok, lupa namanya. Ngejelasin bahaya game online berlebihan. Ditunjukin lewat Ppt. dari proyektor. Nyambung ke sosmed juga, internet, intinya ngewanti-wanti remaja masa kini biar nggak diberdaya sama internet. Makanya, diadakan acara workshop kayak gini supaya mengarahkan remaja ke hal yang lebih positif dalam dunia game (dan internet). Kita kan buat game edukasi, bukan game yang macem-macem. Bukan game kekerasan dan nampilin karakter dengan pakaian vulgar.


Jam-jam terakhir, aku lupa acaranya ngapain. Yang aku ingat cuma ada Ketua BTKP DIY, yang dulu ngadain Kemah TIK 2015. Aku sempet ketemu pas Kemah TIK, eh pas acara Microsoft ketemu lagi.

Sampai akhirnya, jam satu kurang, closing! Selfie bareng (nggak pakai gopro jadi nggak kelihatan).

Terus keluar dari ruangan, dapet lunch dan goodybag. Di dalem goodybag ada notes dan pulpen. Lumayan kan :)) Terus ... kita pulang deh. Sampai sekolah ternyata masih banyak juga yang belum pulang. Jadi gimana gitu dilihatin anak-anak, masih pake ID CARD digantung di leher, bawa goodybag dengan logo Microsoft yang kelihatan banget. 

kamera depanku emang cuma vga. itu waktu belum mulai acaranya


***


Ya, itu beberapa hari yang lalu. A grateful moment. Bikin aku bersyukur bisa ketemu orang-orang hebat yang ceritakan di atas, dapat pengalaman lebih dan dikasih kesempatan buat ikut lomba bikin edu game. Meskipun sampai sekarang belum merealisasikan dan mengirimkan ide ke appanakjogja.org. Kembali ke kebimbangan yaaa, aku kan udah kelas 9, sebentar lagi mau UAS, terus US, terus UPRAK, terus ... UN!

Padahal, itu acara lombanya berkelanjutan. Alias nggak cuma sehari jadi. Kita nanti dibimbing di campnya Microsoft, mulai bulan Maret kalau nggak salah, sampai Mei. Padahal, 9 Mei aku UN! Dan acara itu kan nggak bisa diwakilin, sekali nggak ikut acaranya langsung didiskualifikasi.

Di luar itu semua, meskipun besok aku nggak terseleksi bareng 200 anak lainnya, aku udah seneng banget bisa berkumpul satu ruangan sama 999 anak lainnya di Gedung Purna Budaya UGM. (Peserta totalnya 1000 anak, katanya). 


Selamat bertemu di postingan tentang Miscrosoft Youthspark selanjutnya, kalau lolos seleksi. Jangan lupa, kalau aku bilang ‘koding', jawabnya ... 


NGGAK BIKIN PUSING!

4 comments:

  1. merigilak.
    sekolahku gaada gituan pls.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namche itu sekolah apa kak? ._.

      Delete
    2. jangan iri ntar dosa loh :3 tunggu taun depan aja kalo ada lagi(?)

      namche itu SMA 6 Yogyakarta di Jl. C. Simanjuntak tu lhoo :))

      Delete
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    ReplyDelete

Just write your thoughts.