Sunday, November 16, 2014

Tutorial Cara Membuat Cursor dengan Photoscape

Tutorial ini direquest oleh Fathima.


Di atas itu kursorku yang sekarang.
Mau tahu cara buatnya? :))
Pertama, pilih kursor dasar-mu terlebih dahulu, yang mau dikasih nama. Kalian bisa pilih kursor dasar di bawah ini, cara ngambilnya tinggal di klik gambarnya, terus gambarnya muncul di tab baru. Klik kanan pilih Save Image Location.

 Crown Cursors
            
 Tiny hands cursor (w/ ribbons)
                  
 Tiny hands cursor (w/o ribbons)
                           
 Small pointer cursors
                                               
 Pointer cursors
     
 Bow Cursors
                                

 Stars Cursors
             
  
 Heart Cursors
    
 Flower Cursors
            
 Buildings


 Music Cursors
      
 Mustache Cursors

           

 More Cursors
                   




Credit cursor : lifenofear.tumblr.com

Oke, kalau sudah dipilih, buka program untuk membuat kursor yang kalian punya. Bisa di Photoscape/Photoshop. Berhubung Photoshopku lagi error, maka aku pakai Photoscape. Tapi terserah kalian juga sih ya.

Photoscape > Editor
1. Kalau udah dibuka Photoscape-nya, pilih Menu di bagian kanan atas warna merah. Menu > New Photo. Di situ width sama height-nya terserah kalian. Tapi kalau aku milih yang kecil aja, biar kelihatan 'rapi'. :)) (w : 70, h : 20)
dengan ukuran di atas, nanti jadinya akan seperti itu.


    2.  Nah, kalo udah pilih Object di toolbar bawah. Di sana ada gambar lukisan gunung gitu deh.

    tandanya aku kasih lingkaran merah.
    Gambarnya itu diklik, ada pilihan banyak kan ... pilih Photo ... terus ambil deh kursor yang tadi udah kamu save. Nanti hasilnya jadi begini.

    letak kursornya diatur sendiri yaaa, kalo bisa di pojok kiri atas.

    3. Next, klik tanda T yang ada di bawah gambar gunung tadi.


    Diklik, nanti muncul kotak dialog seperti ini.





    Pilih font dan ukuran font terserah kamu. Usahakan pas sama width dan heightnya. Jangan sampe kebesaran/kekecilan, nanti wagu. :)) Oiya, kalian bisa nulis apa aja up to you. Mau nama kamu, nama gebetan, nama ortu, terserah! x))
    Nih punyaku ....
    jelek? biarin, masih newbie juga.

    4. Step terakhir, SAVE!

     
     Pilih background nya putih yaa. :3 terus disavenya jangan lupa pake yang PNG jangan jpg, nanti nggak transparan.


    Oiya, jangan lupa mau disimpan di mana, di file mana ...
    SELESAI DEH!

    Gampang kannnn :) FYI, dulu aku buatnya gak pake photoscape, kursor pertamaku aku buat di pixlr.com/editor karena dulu aku belum punya program edit gitu. Tapi kalo kursor yang ada di blogku sekarang, aku buat di Photoshop. Belum jelas? KOMEN AJA. :D

    -----

    NB : maaf yaa gambar yang ada tanda T nya itu ngga ada gambar kursornya karena aku salah ngecapture. Harusnya kan ngambil gambar dulu baru ngasih teks, karena agak bleng pusing aku malah ngasih teks dulu. Jadi, itu aslinya ada gambar kursornya, abaikan kesalahanku. Sorry ;'D


    4 comments:

    1. Kak aku repost freebies urlnya yaa with credits!

      ReplyDelete
      Replies
      1. okee ^^
        jangan lupa buat taruh dua credit sekaligus yaa, blogku sama lifenofear.tumblr.com sekalian :)

        Delete
    2. Kak aku Ambil beberapa cursor yach :) :D
      thank you :*

      ReplyDelete
    3. Terimakasih Sangat bermanfaat jangan lupa kunjungi blog saya TEKNOPASSTER

      ReplyDelete

    Just write your thoughts.