Wednesday, November 8, 2017

BBM Teman Lama


aku percaya, Tuhan selalu punya cara untuk membahagiakan mahkluk-Nya

Akhir-akhir ini, aku sering uring-uringan sendiri. Kalau sudah pulang sore, kelelahan, lalu cuma istirahat sebentar, dan teringat ... masih harus mengerjakan tugas yang semakin ditunda semakin berkembang biak.

Tapi, jujur, kadang aku lebih memilih untuk buka laptop dulu ... nulis-nulis dulu, baca-baca dulu ... baru disentuh tugasnya. Jadi, sekali dikerjain, tugas-tugas itu belum tentu bisa full selesai.
Mungkin semangat belajarku turun? Tidak semenggebu-gebu ketika mau UN dulu. Atau mungkin, aku kelelahan sehingga kondisi tubuhku tidak mendukung untuk itu. Bisa juga, aku sedang tidak benar-benar ingin belajar—belajar mata pelajaran di sekolah, maksudnya. Or maybe, I need more than twenty four hours for one day ....

The important thing is, aku butuh sedikit waktu untuk berdiam diri, to have my own muse. Dan disaat seperti itu, aku biasanya merasa sedih, kecewa, takut, marah ... dan perasaan-perasaan yang butuh dilampiaskan—agar melegakan.

Aku juga masih belum mengerti kenapa perasaan unhappy itu hadir saat ada banyak masalah pula di kehidupanku. It just feels like, Oh God, I am enough for it. The thing that I will always remember is, ini bukan lagi tentang cerita anak SD/SMP yang menye-menye lalu aku bisa menangis sepuasnya. Everywhere, everytime.

Menangis. Yeah, BUT sometimes it’s better to cry an oceanto make you better.
Tidak. Tuhan memberi cara yang lain. BBM teman lama yang muncul di layar ponselku beberapa hari yang lalu, yang tiba-tiba menjadi pengingatku. Aku pikir aku sudah melupakan banyak hal, mungkin ini salah satunya.
**

“... aku kangen kegigihanmu, saranmu, kata-kata bijakmu, ....”

... unfortunately, finally I cried out.

Membaca sederet kalimat dalam satu paragraf yang terlihat panjang di ponsel itu pada akhirnya membuatku menangis. But not an ocean. Aku hanya terharu membacanya. You know, I’m not that good .... Aku adalah gudang dari ketidaksempurnaan.

Tapi setidaknya aku punya mimpi, salah satunya adalah; aku yang ingin menjadi perpaduan antara orang-orang hebat yang jadi inspirasi dalam hidupku. Dan aku sedikit lega bahwa sedikit banyak, mimpiku itu sudah hampir tercapai. Yang kulakukan dalam waktu sebentar di kehidupanku bisa memberi pengaruh yang baik bagi orang-orang sekitar, entah itu dalam skala kecil atau besar. Aku ingin tetap bersemangat dan menularkannya pada orang lain.

And that successly makes me remember about one thing,
“Be the person who you want to meet.”    

Waktu SMP, aku selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang ingin aku temui. Waktu getol-getolnya berjuang untuk masuk SMA idaman (meskipun gagal lol). Dan temanku itu mengingatkanku akan masa-masa itu ... waktu aku bercerita (dengan semangat sekali—just like berapi-api) tentang figur-figur hebat yang ada di sekitar kita, mereka yang jadi inspirasiku untuk terus maju, dan perjuangan-perjuangan dibaliknya. Kadar semangatku cukup tinggi untuk melakukan hal-hal yang positif. It looks very different with now.

Ketika energiku terkuras di sekolah dan aku tidak sempat berpikir untuk menjalankan seperti yang di SMP dulu. Ketika aku sudah terlalu lelah, kecewa, dan sedih tentang SMA idaman yang tidak kesampaian .... (the worst thing). Ketika ... ketika ....

“... kangen cerita sama kamu, kangen disemangatin sama kamu, kangen motivasi-motivasimu ....”

And I can’t help myself not to cry again.
BBM dari teman lama itu seketika membuatku kembali bertekad,

“Tiap hari, aku harus selalu menjadi Alif yang seperti Mbak A, Mas B, si C, si D ... dan si-mas-mbak yang lain, meski Alif bukan adik kelas atau teman seangkatan mereka. Alif harus jadi seseorang yang ingin Alif temui—mereka yang menginspirasi dengan semangat dan motivasi.”

**
Terima kasih teman lama, telah membuatku tersadar akan hal besar yang sering terabaikan dalam pikiranku. Ketika otakku hanya berputar pada lomba-prestasi-pertemanan-dan-cowok-ganteng, kamu tiba-tiba hadir dengan suntikan semangat dan harapan-harapan baru. Mengingatkanku pada sebuah kutipan ;

“You learn something everyday, if you pay attention.”

Aku sekarang bisa lebih memaknai quote terkenal itu. Mungkin sebuah BBM dari teman SMP yang hanya satu paragraf itu tidak ada apa-apanya di mata orang lain. Tapi tidak, tidak “hanya” satu paragraf. Itu kalimat-kalimat penggugah yang justru balik memotivasi dan menginspirasiku. Untuk tetap menjadi alif yang ‘katanya’ gigih dan pekerja keras.
**

Hari ini aku belajar bahwa semua orang butuh didengar. Bukan karena ingin eksistensi atau pengakuan, tapi mereka ingin dihargai. Semua orang akan bahagia, ketika ada seseorang di masa lalu yang tiba-tiba bercerita panjang lebar—mengingatkan—tentang apa yang sudah kita katakan dulu.
Ah ya, seseorang di masa lalu itu ternyata memang pendengar yang baik, mencerna tiap kata yang dianggap banyak orang hanya angin belaka menjadi hal yang luar biasa. Luar biasa berpengaruh bagi fase kehidupan. Bisa jadi, kalimat-kalimat itu menggugah dan mengubah.

Hari ini aku belajar bahwa saling memotivasi dan menginspirasi tidak butuh koar-koar / berheboh-heboh. Tiap orang punya caranya sendiri, dan meskipun hanya satu yang terlihat aktif, namun sebenarnya mereka mutualisme. Mereka mendapat timbal balik.

Hari ini aku belajar bahwa semangat itu memang bisa dibagi. Semangat yang kecil akan menjadi besar waktu demi waktu. Nikmati saja prosesnya sambil terus berubah untuk menjadi lebih baik.
Dan aku, akan terus memperhatikan segala sesuatu yang terjadi dalam waktu 24 jam perhariku (yang tidak bisa ditambah), untuk terus belajar tentang arti-arti kehidupan yang tersirat, yang sebenarnya.


Nb : kangensmp
Nbb : tulisan tahun 2016 akhir, when i still tried so hard to blend with my new society, adapt with so much things

3 comments:

  1. For the dearest Kak Alif,

    Tetap semangat ya menikmati kehidupan lalu mengambil makna dan pesan yang tersirat di baliknya. Kangen - kangenan, sedih, marah, kesel itu wajar (just like me - 2) tapi jangan lupa untuk bangkit dan memulai semangat baru ya, Kak Lif! (ini pesan untukku juga, wkwk)

    Oh iya, do'a kan ya kak, InsyaAllah tahun depan aku sudah UN. Sedang tes SMP kesana dan kesini, apalagi targetku SMP - SMP yang digandrungi oleh anak - anak satu Indonesia (bahkan baru - baru ini anak - anak dari luar negeri).

    Lots of love from me! I'll always wait for your new inspiring posts :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Raissa, terima kasih banyak ya, dan mohon maaf baru bisa membalas bahkan setelah hampir dua tahun. :")

      Terima kasih pesan-pesan baiknya, semoga bisa berbalik padamu juga...semoga selalu semangat seperti matahari yang bersinar setiap hari, sampai ke hati!

      Jadi, bagaimana hasil UN-nya? Diterima-kah di SMP yang jadi targetmu? Apapun hasil yang sudah didapatkan, percaya saja kalau itu sudah pasti yang terbaik. :)

      Bunch of loves from me too! Have a good day everyday yaa. <3

      Delete
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    ReplyDelete

Just write your thoughts.